Pulau Mentawai – Sumatera Barat

Tempat berselancar di Indonesia yang wajib dicob

Tempat berselancar di Indonesia yang wajib dicoba oleh anak-anak pantai

Terkenal dengan keindahannya, alam Indonesia merupakan salah satu negara bahari terbesar di dunia. Tak heran jika banyak sekali destinasi wisata untuk berselancar di Indonesia.

Surfing, juga dikenal sebagai selancar, adalah salah satu olahraga air paling populer. Karena olahraga ini tidak hanya menyehatkan fisik, tetapi juga membuat hati senang dengan pemandangan alam yang indah dan deburan ombak.

Bagi Anda yang mengaku sebagai anak pantai dan hobi berselancar, cobalah berkunjung ke beberapa tempat di tempat ini. Pantai ini tidak hanya indah, tetapi juga memiliki ukuran ombak yang berbeda-beda yang akan sulit untuk Anda taklukkan.

  1. Pantai Plengkung – Banyuwangi

Pantai Plengkung dikatakan memiliki ombak terbaik kedua setelah Hawaii. Ketinggian ombak di pantai ini mencapai 6-8 meter, dan panjang gelombangnya mencapai 2 kilometer.

Pantai Plengkung - Banyuwangi

Dari segi ombak, Pantai Plengkung memiliki 7 gulungan dengan selang waktu sekitar 5 menit. Hal ini disebabkan adanya tekanan air laut dari Kutub Selatan. Selain ombak yang sempurna, tempat ini sangat cocok untuk liburan dan istirahat.

Baca Disini πŸ‘‰πŸ‘‰  Rekomendasi Wisata di Tongeren,

Pantai Plengkung sangat terkenal di kalangan peselancar dunia karena pernah mengadakan kompetisi selancar internasional yang diikuti oleh 12 tim selancar dari delapan negara yaitu Australia, Prancis, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru dan tentunya Indonesia.

  1. Pantai Algundri – Nias

Pulau Nias adalah salah satu pulau terindah di Indonesia. Terletak di Sumatera bagian barat, pulau Nias memiliki satu pantai yang cocok untuk berselancar, yaitu Pantai Lagundri.Pantai Lagundri memiliki ombak hingga 5 meter yang sangat cocok untuk para peselancar. Selain Pantai Lagundri, ada Pantai Sorake yang sering digunakan untuk berselancar.

Pantai Algundri - Nias

Yang unik dari kedua pantai ini adalah memiliki banyak karang, namun tetap menjadi spot favorit bagi banyak peselancar dari berbagai belahan dunia. Karena banyak peselancar yang menyukai kedua pantai ini, mereka memberi nama khusus yaitu The Point dan Indicator. Karena itu, Pulau Nias telah menjadi tujuan wajib bagi para peselancar lokal maupun asing.

  1. Nusa Penida dan Nusa Lembongan – Bali

Isle of the Gods memang surganya para peselancar yang ketenarannya tidak perlu diragukan lagi. Dua surga di Bali yang biasa dikunjungi para peselancar adalah Nusa Penida dan Nusa Lembongan.

Baca Disini πŸ‘‰πŸ‘‰  Rekomendasi Destinasi di Whitehorse,Kanada.

Nusa Penida dan Nusa Lembongan - Bali

Ombak di Nusa Penida terkenal bersahabat dengan para peselancar. Perpaduan ombak yang tidak terlalu ganas namun cukup memuaskan adrenalin yang sulit didapat sangat cocok untuk pemula.Di Nusa Lembongan berbeda. Pantai indah ini sesekali disapu ombak setinggi 8 meter saat musim kemarau. Tentu saja cocok sebagai tujuan kunjungan para peselancar profesional.

  1. Pantai Ombak Tujuh – Sukabumi

Pantai Ombak Tujuh adalah salah satu dari sekian banyak pantai di Sukabumi dengan keindahan alam yang menakjubkan. Tak hanya itu, pantai yang satu ini juga memiliki kelebihan dengan ombaknya yang indah.

Pantai Ombak Tujuh - Sukabumi

Kondisi inilah yang disukai para peselancar mancanegara untuk mencoba keliaran ombak di pantai ini. Menurut warga sekitar, pantai ini cukup ramai dikunjungi para peselancar, terutama pada bulan Juni-Juli atau saat cuaca cerah.Konon warga setempat menamai pantai tersebut setelah ombaknya berulang sebanyak 7 kali. Pantai Ombak Tujuh sering digunakan sebagai tempat latihan para peselancar lokal Indonesia.

  1. Pulau Mentawai – Sumatera Barat

Kepulauan Mentawai memiliki 400 tempat selancar. Tak kurang dari 49 titik ditempati oleh para peselancar asing yang menyukai ombak tinggi dan ganas. Pulau ini dihuni oleh suku Mentawai di lepas pantai Sumatera Barat.

Baca Disini πŸ‘‰πŸ‘‰  Pantai terbaik untuk sunset di Tanah CelebesΒ 

Pulau Mentawai – Sumatera Barat

Ombak di Mentawai dianggap yang terbaik ketiga di dunia setelah Hawaii dan Tahiti. Surga bagi para peselancar adalah pulau Sipora yang merupakan bagian dari Nusantara

Pulau Sipora masuk dalam 20 besar spot surfing di dunia versi CNN Travel. Namun, pada tahun 2010 itu dihancurkan oleh tsunami. Namun, dengan bantuan dari dunia selancar baik domestik maupun internasional, Pulau Sipora telah bangkit dan tetap menjadi surga selancar yang wajib dikunjungi para peselancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.