Opak Gambir

Oleh-oleh khas Blitar wajib dibeli

Oleh-oleh khas Blitar untuk dibeli saat liburan

Jawa Timur memiliki sejumlah pantai yang indah dan wisata menarik lainnya, yang membuat daerah ini menjadi daya tarik yang cukup besar bagi wisatawan dan mereka yang tertarik untuk berkunjung.Ada juga suvenir khusus. Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Blitar tanpa membawa oleh-oleh khas yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini oleh-oleh khas blitar untuk dibawa pulang:

  1. Opak Gambir

Opak Gambir

Tidak hanya di Jawa Barat, Blitar juga memiliki Buram sebagai jajanan yang bisa dijadikan oleh-oleh, namanya Gambir Buram. Makanan ini masih sangat populer hingga saat ini.Gambir Buram merupakan jajanan tradisional. Terbuat dari tepung ketan, gula, telur dan santan. Sehingga aromanya harum, rasanya manis dan gurih, serta teksturnya renyah seperti kerupuk.

Uniknya, Gambir Buram ini tidak memiliki bentuk bulat gepeng. Namun bentuknya corong dan sedikit meruncing ke bawah.

  1. Wajik Kletik

Wajik Kletik

Berikutnya adalah Wajik kletik, salah satu oleh-oleh khas blitar yang wajib Anda coba dan bawa pulang. Jajanan tradisional ini terbuat dari gula kelapa dan ketan.Rasanya manis, gurih, dan teksturnya agak padat dan kenyal. Menariknya, Wajik Kletik ini dibungkus dengan kulit jagung yang sudah dikeringkan sebelumnya.

  1. Geti
Baca Disini 👉👉  Tempat Wisata Murah Di Yogyakarta

Geti

Geti merupakan jajanan khas blitar yang juga sangat digemari saat libur lebaran. Selain itu, Geti juga merupakan oleh-oleh khas yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang.Geti sendiri terbuat dari kacang tanah, wijen dan gula merah. Untuk membuatnya terasa manis dan gurih setelah buncis, teksturnya cukup renyah dan sedikit lengket.Harganya cukup terjangkau, Geti dijual per kilogram yaitu sekitar Rp 35.000.

  1. Sagon

Sagon

Oleh-oleh blitar selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah kue sagon. Ini adalah makanan ringan tradisional.Sagon adalah kue khas blitar yang terbuat dari tepung ketan dan kelapa parut, yang kemudian dihaluskan. Teksturnya sedikit remah dan lumer di lidah saat dimakan.Rasanya yang manis dan gurih, serta aroma kelapa yang sangat harum juga unik, menjadikan sagon sebagai oleh-oleh yang populer di Blitar.

  1. Sambal Pecel

Sambal Pecel

Pecinta sambal wajib mencicipi dan membawa sambal pecel blitar khas ini. Setiap wisatawan yang datang ke Blitar mencari tambahan hidangan, antara lain.Sambal pecel ini terbuat dari kacang tanah, gula merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kencur, garam dan yang lebih nikmat lagi adalah daun jeruk purutnya.

  1. Dodol belimbing
Baca Disini 👉👉  Rekomendasi Wisata di Tongeren,

Dodol belimbing

Tidak hanya Garut, hanya Jawa Barat yang memiliki Dodol, Blitar juga memiliki Dodol Belimbing yang merupakan makanan sekaligus oleh-oleh yang istimewa.Dodol belimbing wuluh ini dibungkus dengan kulit jagung kering. Teksturnya agak lengket dan rasanya agak asam, khas belimbing wuluh.Biasanya dodol belimbing wuluh ini disantap sebagai pendamping kopi atau teh untuk membantu mengurangi rasa asam dari belimbing wuluh.

  1. Peyek Uceng

peyek uceng

Oleh-oleh blitar selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah uceng peyek. Dinamakan peyek uceng karena makanan ini terbuat dari ikan uceng. Uceng adalah ikan air tawar yang berukuran kecil, panjangnya sekitar 2 sampai 4 cm, dan rasanya seperti ikan wader.

Bahan pembuatannya terdiri dari ikan uceng, tepung beras, tepung sagu, santan dan daun jeruk. Rasanya yang gurih, teksturnya yang renyah dan aroma daun jeruk yang tidak diragukan lagi membuat makanan ini semakin nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.